Bagaimana Cara Kerja Sistem Parkir Cashless? Ini 2 di Antaranya!

Saat ini keberadaan parkir Cashless sendiri sudah tersebar luas di berbagai tempat umum. Untuk itu Anda wajib mengajarkan cara kerja sistem parkir Cashless tersebut kepada staf yang bertugas untuk mengelolanya. Bagi Anda yang belum tahu cara kerjanya, simak penjelasan artikel mengenai cara kerja mesin parkir otomatis  yang ada di bawah ini.

Cara Kerja Sistem Manless Portal Otomatis Saat Kendaraan Masuk Area Parkir

Pertama-tama gerbang masuk alias Barrier Gate nantinya akan mendeteksi kendaraan secara otomatis. Baik itu bagi pengendara sepeda motor maupun mobil, semuanya akan terdeteksi secara langsung.

Pada dasarnya, ada 3 instruksi dari  sistem portal manless otomatis tersebut. Pertama  yaitu tombol hijau yang berguna untuk mencetak karcis transaksi. Setelah itu nantinya karcis tersebut akan keluar secara otomatis apabila ditekan. Selain itu ada juga RFID untuk masuk menggunakan kartu member. Terakhir, ada tombol berwarna merah yang berguna untuk meminta bantuan kepada petugas parkir yang mengelola sistem portal manless otomatis.

Simak video ini: PERESMIAN CASHLESS PARKING SYSTEM PASAR TRADISIONAL BERSAMA PERUMDA PASAR SEWAKADARMA DENPASAR BALI

Cara Kerja Sistem Manless Portal Otomatis Saat Kendaraan Keluar Area Parkir

Tempelkan kertas karcis yang menjadi bukti transaksi masuk pengendara di area parkir. Selain itu, nantinya akan dilakukan proses verifikasi barcode melalui ticket dispenser. Apabila datanya valid maka secara otomatis palang pintu alias barrier gate tersebut akan terbuka dengan sendirinya.

Pengendara hanya tinggal keluar dari area parkir saja setelah proses verifikasi barcode karcis transaksi masuk tadi berhasil. Verifikasi karcis dilakukan dengan memindai di barcode scanner pada mesin dispenser manless.  Jika sudah melewati palang pintu tersebut, maka nantinya Barrier gate akan tertutup secara otomatis.

Untuk mesin manless otomatis yang berbasis single gate juga sama saja cara kerjanya. Dimana nantinya pengendara hanya tinggal menempelkan kartu elektronik ketika akan masuk atau keluar area parkir. Dengan begitu nantinya palang portal tersebut akan otomatis terbuka dan tertutup.

Demikian ulasan artikel mengenai sistem parkir Cashless semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Bagi Anda yang memiliki pusat perbelanjaan besar di kota maka jangan ragu untuk menggunakan portal manless otomatis tersebut. 

Hubungi tim kami sekarang (WA/ telepon) untuk coba dan pelajari lanjut tentang Sistem Parkir Cashless, klik link di bawah